PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MULTI FUNGSI PINTAR PADA SISWA KELAS VII SMP

Nama                             : Frisyeila Karennisa
Nim                               : 180341010
Prodi                             : Pendidikan Matematika 4A
M.K                              : Penulisan Karya Ilmiah
Dosen Pengampu          : Rajab Vebrian, M. Pd

PENINGKATAN  HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 7 MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MULTI FUNGSI PINTAR

BAB 1
PENDAHULUAN


Dunia pendidikan guru sekarang menduduki peranan yang sangat penting, karena guru adalah sosok yang bertanggung jawab dalam pembentukan pribadi anak didik. Seseorang belajar pada dasarnya didorong oleh keinginannya untuk mengembangkan perilaku yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan. Hal ini dapat diartikan bahwa dengan belajar seseorang dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukannya. Perubahan perilaku yang terjadi sebagai akibat dari proses belajar pada diri seseorang, inilah yang disebut dengan hasil belajar (Hartini, : ). Matematika yang berbahasa latin yakni “mathema” atau dapat disebut juga “manthein” yang berarti “belajar atau bisa juga diartika mempelajari sebuah hal” dan di dalam bahasa Belanda, matematika yakni wiskunde yang bermakna ilmu yang bersifat pasti, yang keseluruhannya kental kaitannya atas sifat penalaran (Susanto, 2013). Pembelajaran matematika fungsi utamanya adalah sebagai media atau sarana siswa dalam mencapai kompetensi. Dengan mempelajari matematika diharapkan siswa dapat menguasai seperangkat kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penguasaan materi bukanlah tujuan akhir dari pembelajaran matematika tetapi penguasaan materi matematika hanyalah jalan mencapai penguasaan kompetensi. Pada masa lalu proses belajar mengajar untuk pelajaran matematika cenderung fokus pada guru, dan kurang terfokus pada siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran hanya guru yang aktif sementara siswa cenderung pasif. Indikator tersebut dapat dilihat dari perilaku siswa yang kurang antusias ketika pelajaran sedang berlangsung, rendahnya pemusatan perhatian siswa, serta rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan guru. Akibatnya penguasaan dan pemahaman mata pelajaran matematika pada siswa kelas 7 SMP Negeri ...  sampai saat ini belum mencapai hasil yang memuaskan. Berdasarkan ulangan umum menunjukkan masih banyak nilai yang kurang dari batas nilai KKM pelajaran Matematika yaitu 70 . Strategi pembelajaran yang diperlukan adalah strategi yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Sehingga siswa dapat berperan aktif selama pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti dan guru memutuskan untuk menggunakan Media Pembelajaran Papan Multi Fungsi Pintar  sebagai solusi yang tepat dalam permasalahan yang ada di kelas 7 SMP Negeri ... . Media  Pembelajaran ini bisa membantu guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga mudah membantu siswa dalam memahami suatu materi tersebut. Untuk media yang digunakan yaitu sebuah papan multi fungsi pintar yang digunakan untuk pelajaran operasi Bilangan Bulat adalah permainan yang berupa monopoli. Pada metode permainan ini siswa bisa melakukan secara individu maupun kelompok agar bisa memahami setiap langkah permainan dan materi pembelajaran.
Dari permasalahan tersebut peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan pola kolaboratif, dimana peneliti bertindak sebagai pengamat dengan mengambil judul “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MULTI FUNGSI PINTAR PADA SISWA KELAS VII SMP". 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Pembelajaran

Biodata Frisil