PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MULTI FUNGSI PINTAR PADA SISWA KELAS VII SMP
Nama : Frisyeila Karennisa
Nim : 180341010
Prodi : Pendidikan
Matematika 4A
M.K : Penulisan Karya
Ilmiah
Dosen Pengampu :
Rajab Vebrian, M. Pd
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 7 MATERI
OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MULTI FUNGSI PINTAR
BAB 1
PENDAHULUAN
Dunia
pendidikan guru sekarang menduduki peranan yang sangat penting, karena guru
adalah sosok yang bertanggung jawab dalam pembentukan pribadi anak didik.
Seseorang belajar pada dasarnya didorong oleh keinginannya untuk mengembangkan
perilaku yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan. Hal ini dapat
diartikan bahwa dengan belajar seseorang dapat melakukan hal-hal yang
sebelumnya tidak dapat dilakukannya. Perubahan perilaku yang terjadi sebagai
akibat dari proses belajar pada diri seseorang, inilah yang disebut dengan
hasil belajar (Hartini, : ). Matematika yang berbahasa latin yakni “mathema”
atau dapat disebut juga “manthein” yang berarti “belajar atau bisa juga
diartika mempelajari sebuah hal” dan di dalam bahasa Belanda, matematika yakni
wiskunde yang bermakna ilmu yang bersifat pasti, yang keseluruhannya kental
kaitannya atas sifat penalaran (Susanto, 2013). Pembelajaran matematika fungsi
utamanya adalah sebagai media atau sarana siswa dalam mencapai kompetensi.
Dengan mempelajari matematika diharapkan siswa dapat menguasai seperangkat
kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penguasaan materi bukanlah
tujuan akhir dari pembelajaran matematika tetapi penguasaan materi matematika
hanyalah jalan mencapai penguasaan kompetensi. Pada masa lalu proses belajar
mengajar untuk pelajaran matematika cenderung fokus pada guru, dan kurang
terfokus pada siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran hanya guru yang aktif
sementara siswa cenderung pasif. Indikator tersebut dapat dilihat dari perilaku
siswa yang kurang antusias ketika pelajaran sedang berlangsung, rendahnya
pemusatan perhatian siswa, serta rendahnya respon umpan balik dari siswa
terhadap pertanyaan guru. Akibatnya penguasaan dan pemahaman mata pelajaran
matematika pada siswa kelas 7 SMP Negeri ... sampai saat ini belum mencapai hasil yang
memuaskan. Berdasarkan ulangan umum menunjukkan masih banyak nilai yang kurang
dari batas nilai KKM pelajaran Matematika yaitu 70 . Strategi pembelajaran yang
diperlukan adalah strategi yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran.
Sehingga siswa dapat berperan aktif selama pembelajaran. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut peneliti dan guru memutuskan untuk menggunakan Media
Pembelajaran Papan Multi Fungsi Pintar sebagai solusi yang tepat dalam permasalahan
yang ada di kelas 7 SMP Negeri ... . Media Pembelajaran ini bisa membantu guru untuk
menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga mudah membantu
siswa dalam memahami suatu materi tersebut. Untuk media yang digunakan yaitu
sebuah papan multi fungsi pintar yang digunakan untuk pelajaran operasi
Bilangan Bulat adalah permainan yang berupa monopoli. Pada metode permainan ini
siswa bisa melakukan secara individu maupun kelompok agar bisa memahami setiap
langkah permainan dan materi pembelajaran.
Dari
permasalahan tersebut peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian tindakan
kelas menggunakan pola kolaboratif, dimana peneliti bertindak sebagai pengamat
dengan mengambil judul “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN
RUANG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MULTI FUNGSI PINTAR PADA SISWA KELAS VII
SMP".
Komentar
Posting Komentar