Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Nama :Frisyeila Karennisa
NIM : 180341010
Program Studi : Pendidikan Matematika
Semester/Kelas : III/IIIA
Dosen Pengampu : Eka Rachma Kurniasi, M.Pd.
Dosen Pengampu : Eka Rachma Kurniasi, M.Pd.
Intansi : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang paling dasar dan memiliki kedudukan yang strategis dalam menentukan jalannya setiap aspek pendidikan. jika kurikulum diibaratkan sebagai rumah maka diperlukan pondasi yang kuat agar rumah tidak mudah rubuh ketika diterjang angin kencang. Demikian juga dengan kurikulum, jika kurikulum dibuat dan dikembangkan tanpa mempertimbangkan landasannya maka kurikulum itu tidak akan bertahan lama.
Tapi, jika dibandingkan dengan akibat yang akan didapatkan. Rumah yang rubuh masih bisa dibangun lagi, tergantung ada tidaknya biaya dari si pemilik. Sedangkan, jika yang rusak adalah kurikulum maka akan berakibat fatal. Karena tujuan adanya kurikulum adalah untuk memanusiakan manusia melalui usaha pendidikan.
Menurut Robert S. Zais, landasan pokok pengembangan kurikulum terbagi menjadi empat, yaitu philosophy and the natute of knowledge, society and culture, the individual, and learning theory. Sehingga, untuk mengembangkan kurikulum diperlukan landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, dan landasan IPTEK.
A. Landasan Filosofis
Secara harfiah filsafat berarti “cinta akan kebijakan” (love of wisdom). Secara umum,filsafat adalah cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya (Socrates) dan filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang kebenaran (Plato).
Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum ialah asumsi-asumsi atau rumusan yang didapatkan dari hasil berpikir secara mendalam, analitis, logis dan sistematis (filosofis) dalam merencanakan, melaksanakan, membina dan mengembangkan kurikulum dalam bentuk program (tertulis), maupun kurikulum dalam bentuk pelaksanaan (operasional) di sekolah.
Ada tiga pendekatan filosofis yang mempengaruhi perkembangan kurikulum yaitu Filsafat Idealisme, Filsafat Realisme, dan Filsafat Fragmatisme.
B. Landasan Psikologis
Penerapan landasan psikologi dalam pengembangan kurikulum bertujuan agar upaya pendidikan yang dilakukan dapat menyesuaikan dengan hakikat peserta didik.
Ada dua cabang psikologi yang mempengaruhi perkembangan kurikulum, yaitu psikologi perkembangan dan psikologi belajar.
Psikologi perkembangan diperlukan terutama dalam menentukan isi kurikulum yang diberikan kepada siswa, baik tingkat kedalaman dan keluasan materi, tingkat kesulitan dan kelayakannya serta kebermanfaatan materi senantiasa disesuaikan dengan tarap perkembangan peserta didik.
Psikologi belajar memberikan sumbangan terhadap pengembangan kurikulum terutama strategi pelaksanaan kurikulum.
C. Landasan Sosiologis
Pendidikan adalah proses sosialisasi melalui interaksi insani menuju manusia yang berbudaya. Dilihat dari substansinya faktor sosiologis yang mempengaruhi perkembangan kurikulum ada dua sisi:
1. Kebudayaan dan Kurikulum
Mengartikan, pendidikan pada dasarnya bermaksud mendidik anggota masyarakat agar dapat hidup berintegrasi dengan anggota masyarakat yang lain. Sehingga mengimpikasikan bahwa kurikulum sebagai salah satu alat untuk mencapai pendidikan bermuatan kebudayaan yang bersifat umum.
2. Masyarakat dan Kurikulum
Mengartikan, kebudayaan yang beragam di dalam kelompok masyarakat akan memberikan sumber nilai dan pemikiran yang berbeda-beda pula pada diri peserta didik. Yang mana nantinya akan dikembangkan melalui proses pendidikan. Sumber nilai itu, menurut Daud Yusuf (1982) yaitu: logika, estetika, dan etika. Sedangkan Ilmu pengetahuan dan kebudayaan adalah nilai-nilai yang bersumber pada logika (pikiran).
D. Landasan IPTEK
Teknologi adalah aplikasi dari ilmu pengetahuan ilmiah dan ilmu-ilmu lainnya untuk memecahkan masalah-masalah praktis. Dilihat dari perkembangannya di masyarakat, Ilmu dan teknologi tidak bisa dipisahkan.
Dalam pendidikan, perkembangan teknologi industri dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan pelaksanaan program pendidikan. artinya, secara langsung perkembangan IPTEK akan menjadi isi/materi pendidikan.
Sedangkan secara tidak langsung memberikan tugas kepada pendidikan untuk membekali masyarakat dengan kemampuan pemecahan masalah yang dihadapi sebagai pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
E. Kesimpulan
Untuk menciptakan pendidikan yang bermutu diperlukan pengembangan kurikulum yang terencana dan di analisis kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancamannya. Selain itu diperlukan perhatian terhadap landasan pengembangannya baik secara filosofis, psikologis, sosiologis, dan didukung IPTEK, agar masalah pendidikan dapat terselesaikan dan masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya sejalan dengan perkembangan zaman.
F. Daftar Pustaka
Landasan Pengembngan Kurikulum – Direktori File UPI (PDF)
yang di unduh pada 25 Oktober 2019
Landasan-Landasan Yang Mendasari Pengembangan Kurikulum – Nurul Awwaliyah
Alamat: htttps://www.google.com/amp/s/awnurul.wordpress.com/2016/12/14/landasan-landasan-yang-mendasari-pengembangan-kurikulum/amp/
Yang diakses pada 25 Oktober 2019
Akun Penulis :
FB : Farisma 'SANNY'
Ig : sitifarisma11
wa : 083175127421
Telegram : Siti Farisma
Komentar